8.14.2018

SIMAK HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN OLEH PENCARI KERJA JAMAN NOW.



HAL-HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN SAAT AKAN MENCARI PEKERJAAN

Dari tahun ke tahun begitu banyak lulusan - lulusan baru baik dari universitas maupun dari sekolah menengah. Kegiatan mencari pekerjaan bisa menjadi momok menakutkan bagi para pencari kerja. Anda diharuskan untuk mempersiapkan diri agar proses tersebut bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa diterapkan dalam mencari kerja jaman now ;

1. Mulai bertanya  pada diri sendiri apa yang menjadi tujuan dalam karir, entah itu untuk jangka panjang maupun jangka pendek.
   - apa yang saya sukai
   - apa keahlian saya
   - apakah pekerjaan yang sedang / akan saya lamar ikut menunjang masa depan saya
   - dll

2. Update CV atau bagi lulusan baru mulailah dengan membuat CV, mungkin apa yang menjadi keahlian anda, apa yang anda kerjakan semasa kuliah/sekolah. untuk contoh cv bisa dilihat di postingan saya sebelumnya contoh cv yang menarik perhatian HRD.

3. Mulai untuk mencoba mengikuti kursus, magang di perusahaan ataupun menjadi sukarelawan.
Tambah nilai CV anda dengan mengikuti kegiatan positif. ketiga hal tersebut menunjukan etos kerja yang kuat dan calon perusahaan yang anda lamar juga akan berpikir bahwa anda akan mengusahakan sesuatu yang baik dan produktif untuk mereka nantinya

4. Ikuti akun sosial media perusahaan yang akan anda tuju, atau anda juga bisa mengikuti akun sosial media yang memberikan masukan atau ilmu untuk anda seputar dunia kerja.

5. Mulailah dengan membangun koneksi. Bisa dengan mengikuti seminar atau juga reuni alumni yang diadakan oleh sekolah anda.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pencari kerja jaman now. Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju, anda juga bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berkembang. Salam jobseeker!!!

No comments:

Post a Comment