12.08.2015

MENGENAL PENYAKIT LOU GEHRIG ATAU ALS (Amytrophic Lateral Sclerosis)

MENGENAL PENYAKIT LOU GEHRIG ATAU ALS (Amytrophic Lateral Sclerosis) - 

Penyakit Lou Gehrig atau ALS adalah penyakit degenerasi saraf motorik yang menyebabkan kelemahan otot, kecacatan dan akhirnya kematian. Saraf pada otot motorik atau otot gerak, mulai dari otak ke sumsum tulang belakang lalu ke otot, mengalami degenerasi atau penuaan yang mengakibatkan otot motorik yang berfungsi sebagai pergerakan tidak dapat menerima perintah otak.

Gejala awal ALS termasuk penurunan kekuatan saraf, khususnya yang melibatkan lengan dan tungkai,selain melemah, otot juga akan mengecil sehingga kita menjadi lemah berjalan atau tidak kuat memegang gelas atau pensil, misalnya. Jika bagian saraf menelan yang terkena, maka penderita akan kesulitan menelan atau kehilangan refleks batuk.
MENGENAL PENYAKIT LOU GEHRIG ATAU ALS (Amytrophic Lateral Sclerosis)

Bahkan, bila terkena saraf yang berperan untuk bernapas, maka penderita akan sesak napas sehingga terpaksa menggunakan alat bantu napas.

Kondisi ini memaksa penderita berbaring dalam waktu lama sehingga membuka kemungkinan terinfeksi penyakit pada paru-paru yang disebut pneumonia, seperti yang terjadi pada Stephen Hawking. Terlebih bila penderita sudah menggunakan alat bantu napas.
MENGENAL PENYAKIT LOU GEHRIG ATAU ALS (Amytrophic Lateral Sclerosis)

Penyakit Lou Gehrig yang diambil dari nama pemain bisbol Amerika. Lou Gehrig merupakan atlet baseman pertama untuk tim bisbol New York Yankees. Pada tahun 1938 Gehrig dengan berwibawa keluar dari New York Yankees setelah didiagnosa menderita ALS.

No comments:

Post a Comment