10.31.2009

tugas XI TKJ ...

















1. Jelaskan yang dimaksud dengan jaringan computer!

2. Sebutkan dan jelaskan beberapa topologi dalam jaringan!

3. Sebutkan dan jelaskan media apa saja yang di gunakan dalam desain jaringan   computer!

4. Sebutkan dan jelaskan diagram pemasangan kabel UTP!

5. Apa yang dimaksud dengan alamat IP?

6. Sebutkan dan jelaskan kelompok-kelompok alamat IP yang digunakan pada jaringan kelas A,B, dan C!

7. Jelaskan pengertian dan fungsi :
- HUB
- SWITCH
- REPEATER
- ACCES POINT
- BRIDGE

8. Desain sebuah jaringan point to point dengan media kabel UTP terhadap kedua  buah komputer?

9. Jelaskan cara setting IP pada computer dengan OS windows Xp!

10.Sebutkan dan jelaskan beberapa protocol dalam jaringan minimal TCP/IP dan UDP!

11.Sebutkan dan jelaskan beberapa port pada OS windows!

12.Port berapa saja kah yang dominan menjadi jalan masuknya worm!



( JAWABAN )
1. Dapat diartikan sebagai dua atau lebih yang dihubungkan dalam satu jaringan sehingga dapat saling berbagi data,aplikasi,dan berbagi perangkat keras.

2.- Topologi Bus : digunakan sebuah kabel pusat dimana workstation dan server dihubungkan. Pengembangan jaringan dan penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstationnya. Tapi bila terjadi gangguan maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

- Topologi Star : Masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ub. Bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar karena topologi tipe star ini mempunyai kabel tersendiri untuk setiap workstation keserver sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. Tetapi kebutuhan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya.

- Topologi Ring : Terdiri atas serangkaian perangkat repeater yg saling terhubung satu sama lainnya oleh koneksi transmisi satu arah untuk membentuk sebuah putaran tertutup. Dalam topologi ini semua workstation server dihubungkan sehingga terbentuk pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat-alamat tersebut sesuai maka informasi dapat diterima dan bila tidak maka informasi itu akan dilewatkan.

3. Komponen Fisik (Hardware)
- PC, NIC ( Network Interface Card ), Kabel, dan Topologi jaringan.
Komponen Software
- SO jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.


4. Ada 2 cara pemasangan kabel UTP yaitu :
* Straight :
- Potong ujung selimut kabel UTP
- Atur kabel UTP sesuai dengan urutan warnanya
- Pastikan lubang konektornya sesuai dengan urutan kabel yang sudah tertata
- Meratakan ujung-ujung kabel denga tang clipper
- Kemudian masukkan setiap kabel dalam lubang konektor.
- Kunci konektor menggunakan tang clipper

*Cross Cable Cara pemasangannya hampir sama hanya konfigurasi kedua ujungnya berbeda.

5. Kode biner 32 bit dan dibagi menjadi dua bagian indetifikasi :

1). Bagian indentifikasi Network ID menunjukkan identitas jaringan komputer tempat host-host yang dihubungkan dan menentukan alamat host.
2). Bagian identifikasi host ID memberikan suatu pengenal unik pada setiap host suatu jaringan komputer dan menentukan alamat host.

Misalnya :
Network ID
Host ID
192.168.0
1

6. - IP Address kelas A diberikan untuk jaringan dengan jumlah host yang sangat besar. Bit pertama adalah “0”,standar 8 bit untuk network dan 24 bit untuk host. Ada 128 buah kelas A didunia. Satu kelas A dapat menampung hingga 256 x 256 x 256 = 16.777.216 (16 juta).

- IP Addresskelas B biasanya dialokasikan untuk jaringan berukuran sedang dan besar. Standar bit pertama adalah “10”, standar 16 bit untuk network dan 16 bit untuk host jadi ada 64 x 256 buah kelas A didunia, 1 kelas B dapat menampung hingga 256 x 256 host = 65535.

- IP Address kelas C digunakan untuk jaringan yang berukuran kecil (LAN). Bit pertamanya adalah “110” standar 24 bit untuk network dan 8 bit untuk host. Ada 32 x 256 x 256 buah kelas A didunia 1 kelas C dapat menampung hingga 254 host.

7. 1). Hub : Alat yang digunakan untuk meneruskan dan memperkuat sinyal transisi data. Hub digunakan untuk menyambung dan menghubungkan komputer. Hub bekerja dengan metode broadcast sehingga semua port yang ada akan menerima broadcast ini. Biasanya sering terjadi tabrakan akhirnya akan memperlambat akses jaringan.

2). Swicth : Swicth juga sama seperti Hub tapi Swicth mengenali alamat tujuan dari data sehingga data akan langsung dikirimkan keport tujuan. Swicth bekerja dengan metode akses tabel MAC Address ( Alamat fisik kartu jaringan ) yang berfungsi untuk mengatasi domain collision dan penurunan kecepata kerja dalam satu jaringan komputer.

3). Repeater : Perangkat-perangkat yang memperluas jangkauan suatu kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan yang berfungsi untuk menerima sinyal optik dan mengubahnya menjadi bentuk listrik.

4). Acces Point : Sebuah node yang telah dikonfigurasikan untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless dan bertindak sebagai pusat pemancar dan penerima untuk sinyal-sinyal radio WLAN.

5). Bridge : digunakan untuk mengurangi terjadinya domain collision dan selain itu bridge juga akan meneruskan protokol yang ada.







8. Point To Point


Computer 1                                          ---à                                        SERVER
IP Address 192.168.0.1                                      |
Subnet mask 255.255.255.0                                                                                                         Client Server
                                                                                                                                                   IP Address 192.168.0.2
                                                                                                                                                
 Subnet Mask 255.255.255.0
                                                                                                                                                   Default Gateway 192.168.0.1

                                                                                |
                                                                      Croseling

Note: bila gatewaynya computer 1 maka, default gatewaynya diisi dikomputer 2, dan alamatnya adalah alamat computer 1



















9.                  - klik menu (Start) > (Connectto) > (Show All Conenection)
- berbagai macam tipe perangkat yang akan kita beri, klik kanan sesuai connection lalu klik properties,
- pada pilihan properties cari Internet Protokol dan klik properties kembali.
- Ada dua pilihan opsi IP Address secara otomatis atau memasukkan IP Address secara manual.
- Masukkan IP Address
- Jika jaringan local terkoneksi ke luar jaringan, harus melalui gateway.
- Lakukan uji coba koneksi dengan perintah ping melalui comment prompt.

10             - klik menu (Start) > (Connectto) > (Show All Conenection)
- berbagai macam tipe perangkat yang akan kita beri, klik kanan sesuai connection lalu klik properties,
- pada pilihan properties cari Internet Protokol dan klik properties kembali.
- Ada dua pilihan opsi IP Address secara otomatis atau memasukkan IP Address secara manual.
- Masukkan IP Address
- Jika jaringan local terkoneksi ke luar jaringan, harus melalui gateway.
- Lakukan uji coba koneksi dengan perintah ping melalui comment prompt.
                                


11. TCP,UDP Graphics Official
TCP Torpark—Onion routing Unofficial
UDP Torpark—Control Unofficial
TCP FTP - data Official

No comments:

Post a Comment